Manfaat Albumin dan Peran Penting Untuk Tubuh

Manfaat Albumin Untuk Tubuh - Ikan-Gabus.com,- Albumin adalah protein yang diproduksi di dalam hati. Protein ini merupakan jenis protein yang sangat diperlukan oleh tubuh dan memiliki banyak fungsi penting yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat albumin untuk tubuh kita?

manfaat albumin untuk tubuh

Manfaat Albumin Untuk Tubuh Kita

Agen Pengikat Darah

Sel darah yang terdapat di dalam tubuh tidak sepenuhnya berbentuk cairan. Disinilah pentingnya manfaat albumin untuk darah. Cairan darah yang kita kenal saat ini merupakan hasil dari seluruh bagian sel yang diikat bersama air oleh albumin.

Saat jumlahnya lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh, maka sel-sel darah dan cairan yang telah diikat akan terpisah. Nantinya cairan dan sel-sel yang tidak dibutuhkan tersebut akan membentuk endapan-endapan darah di beberapa bagian tubuh. Endapan ini dikenal dengan nama edema. Di bagian tubuh dimana edemia terjadi, biasanya akan disertai dengan munculnya pembengkakan.

Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh

Sel membutuhkan keseimbangan cairan untuk menjaga fungsinya. Keseimbangan cairan ini bisa terjadi jika kebutuhan albumin tubuh dapat terpenuhi. Jika sel tubuh membutuhkan lebih banyak kadar air, maka albumin akan membantu tubuh mengarahkan air ke dalam darah. Nantinya air pun akan masuk ke dalam sel tersebut.

Manfaat albumin dalam menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh tidak hanya sampai di situ saja. Pada kondisi yang berlawanan, albumin juga bisa membantu sel untuk mengeluarkan air jika kandungan air di dalam sel tersebut terlalu berlebihan.

Memperbaiki Kerusakan Jaringan

Albumin memiliki peranan yang sangat penting dalam proses perbaikan dan regenerasi sel. Selain itu, albumin juga dapat berperan sebagai agen pembentuk ikatan antar sel. Jika terjadi  kerusakan sel, maka albumin pun akan membantu memberikan sinyal pada sistem imunitas.

Berbagai fungsi penting di atas memuat albumin memiliki kerterkaitan yang erat dengan pembentukan sel darah putih yang berfungsi sebagai garda utama sistem imunitas.

Selain manfaat albumin yang kami bahas di atas, albumin juga memiliki peran lain yang tidak kalah penting, yaitu menjadi media penyimpanan untuk lemak, nutrisi, sejumlah hormone seperti kortisol dan tiroksin, beberapa jenis protein dan mineral selama proses pengangkutan melalui plasma darah ke seluruh tubuh.

Jika tubuh kekurangan albumin, maka tubuh pun akan mengalami malnutrisi. Selain itu, tubuh juga akan mengalami hipoalbumin. Kondisi ini bisa memicu terjadinya dehidrasi. Jika dibiarkan, maka kadar garam dalam darah akan meningkat. Akibatnya, tubuh pun akam mengalami pengentalan darah.

Mengingat betapa pentingnya manfaat albumin untuk tubuh, sudah selayaknya Anda memenuhi kebutuhan albumin setiap hari. Dengan begitu, Anda pun dapat terhindar dari berbagai kondisi yang tidak Anda inginkan.

Albumin sendiri bisa didapatkan melalui beberapa jenis makanan. Salah satunya adalah ikan gabus yang memiliki kandungan albumi yang sangat tinggi.