Manfaat Ikan Gabus Untuk Anak Autis

Manfaat Ikan Gabus Untuk Anak Autis - Ikan-Gabus.com,- Ikan gabus merupakan jenis ikan predator yang dapat ditemukan dengan mudah di banyak wilayah di Indonesia. Ikan air tawar ini memiliki kepala yang besar dan agak gepeng. Bentuk kepalanya mirip dengan ular. Selain itu, di bagian kepalanya juga terdapat sisik-sisik yang berukuran besar. Selain bentuk kepala yang menyerupai ular, ikan ini juga memiliki ciri khas lain, yaitu mulut yang besar dengan gigi yang juga besar dan tajam.

manfaat ikan gabus untuk anak autis

Manfaat Ikan Gabus Untuk Anak Autis

Ikan gabus sendiri dapat ditemukan di danau, sungai, rawa maupun saluran air. Ikan yang satu ini dikenal memiliki banyak sekali kandungan yang sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Berikut adalah sejumlah kandungan yang terdapat di dalam 100 gr ikan gabus.

  • Besi : 0,9 miligram
  • Fosfor : 76 miligram
  • Protein : 25,2 gr
  • Kalori : 69 gr
  • Lemak : 1,7 gr
  • Kalsium : 62 miligram
  • Vitamin A : 150 miligram
  • Vitamin B : 0,04 miligram
  • Air : 69 gr

Dengan semua kandungan yang terdapat di dalamnya, tidak heran jika ikan gabus banyak dicari orang. Dengan berbagai kandungan tersebut, ikan gabus pun memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Beberapa diantaranya adalah dapat digunakan sebagai terapi penyembuhan luka pasca operasi, mengatasi masalah pencernaan, mengobati berbagai penyakit berat dan sangat baik untuk tulang.

Mungin Anda sudah tahu mengenai sejumlah manfaat yang kami sebutkan di atas. Tetapi tahukah Anda bahwa ikan gabus juga dapat digunakan untuk terapi pada anak autis? Cukup wajar jika Anda tidak tahu karena hingga saat ini masih banyak yang belum tahu mengenai manfaat ikan gabus untuk anak autis ini.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti, anak autis harus melakukan diet makanan yang mengandung kasein dan gluten. Kasein sendiri merupakan sejenis protein yang berasal dari susu sapi sementara gluten merupakan protein dari gandum.

Diet yang dilakukan oleh anak autis ini dikenal dengan nama diet GF-CF (Gluten free dan Casein-free). Diet GF-CF (Gluten free dan Casein-free) sendiri memang harus dilakukan oleh anak autis karena kedua kandungan yang kami sebutkan di atas, yaitu kasein dan gluten bisa mempengaruhi perilaku autistik anak.

Selain itu, anak autis juga rentan terserang gangguan fungsi pencernaan. Salah satu gangguan yang paling sering dialami anak autis adalah leaky gut sindrom. Kondisi tersebut dapat menyebabkan rusaknya jaringan yang terdapat di dalam saluran usus. Akibatnya, akan terjadi peradangan di saluran usus yang membuat bakteri jahat, partikel yang tidak tercerna dan protein seperti gluten masuk ke dalam tubuh. Leaky gut sindrom ini juga dikenal dengan nama lain, yaitu penyakit autoimun.

Nah ikan gabus sendiri dapat membantu mengatasi sejumlah masalah pada anak autis, termasuk masalah yang kami sebutkan di atas. Manfaat ikan gabus untuk anak autis ini berasal dari kandungan albumin di dalamnya. Albumin ini mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, albumin juga sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak autis.