Manfaat Ikan Gabus Untuk Luka Pasca Operasi

Manfaat Ikan Gabus Untuk Luka Pasca Operasi - Ikan-Gabus.com,- Ikan gabus adalah ikan predator yang banyak dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Ikan gabus ini tidak hanya memiliki nilai ekonomi yang tinggi, tetapi juga dikenal sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit. Sejak jaman dulu, orang tua telah menggunakan ikan ini untuk mengobati luka setelah melahirkan, luka bakar dan mempercepat penyembuhan luka khitan.

manfaat ikan gabus untuk luka pasca operasi

Manfaat Ikan Gabus Untuk Luka Pasca Operasi

Ikan gabus sendiri merupakan jenis ikan yang dikenal sebagai sumber albumin. Kandungan albumin di dalamnya ini membuat ikan gabus sangat bermanfaat untuk kesehatan dan perkembangan tubuh. Salah satu manfaat yang sangat penting yang dimiliki ikan tersebut adalah manfaat ikan gabus untuk luka pasca operasi.

Manfaat ikan gabus untuk luka pasca operasi ini berkaitan dengan kemampuan albumin yang mampu mempercepat penyembuhan jaringan sel dalam tubuh yang terbelah, seperti luka pembedahan atau operasi.

Sejumlah manfaat ikan gabus untuk luka pasca operasi juga telah dibuktikan oleh penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli. Beberapa penelitian yang menunjukan khasiat ikan gabus tersebut adalah :

Penelitian yang dilakukan oleh RSU Dr. Saiful Anwar Malang. Penelitian tersebut menunjukan bahwa dengan memberikan daging ikan gabus sebanyak 2 kg setiap hari pada pasien pasca operasi, maka kadar albumin yang rendah dalam tubuh pasien tersebut pun akan meningkat menjadi normal.  

Peningkatan kadar albumin dalam tubuh pasien pasca operasi juga dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Prof. DR. Dr. Nurpudji A. Taslim. Penelitian tersebut menunjukan bahwa kadar albumin pasien yang ada di RS Wahidin Sudiro Husodo Makassar, Sulawesi Selatan meningkat secara tajam setelah mereka mengonsumsi ikan gabus. Kondisi tersebut pun membuat kesehatan pasien meningkat dengan cepat.

Sementara itu penelitian yang dilakukan di Universitas Hasanudin menunjukan bahwa pemberian ekstrak ikan gabus pada pasien yang dilakukan selama 10-14 hari mampu meningkatkan kadar albumin di dalam darah sebanyak 0,6-0,8 g/dl. Kondisi ini akan membuat berat badan pasien naik secara perlahan. Selain itu, daya tahan tubuhnya juga akan meningkat.

Diantara penelitian yang dilakukan para ahli, penelitian yang dilakukan Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, MS dari Universitas Brawijaya, Malang merupakan penelitian yang paling sering dijadikan sebagai rujukan.

Penelitian tersebut menunjukan bahwa ekstrak albumin yang berasal dari ikan gabus ternyata mampu menggantikan fungsi dari serum albumin impor yang harganya terbilang sangat mahal.

Hal ini tentunya bisa menjadi kabar yang sangat baik, terutama bagi para pasien yang harus melakukan operasi. Bayangkan saja, harga serum albumin saat ini bisa mencapai jutaan rupiah per 10 milimeternya. Sementara untuk melakukan satu operasi, dibutuhkan sedikitnya 30 milimeter serum albumin.

Manfaat ikan gabus untuk luka pasca operasi sendiri memang sangat penting untuk para pasien yang akan melakukan operasi. Ini karena selain dapat membantu penyembuhan luka pasca operasi, kandungan albumin dalam ikan gabus juga dapat mengurangi  biaya operasi pembedahan.