Manfaat Ikan Gabus Untuk Meningkatkan Albumin Tubuh

Manfaat Ikan Gabus Untuk Meningkatkan Albumin Tubuh - Ikan-Gabus.com,- Ikan gabus merupakan ikan predator yang umumnya hidup di perairan yang berarus tenang. Ikan gabus sendiri biasanya dapat ditemukan dengan mudah di sungai atau danau yang masih belum tecemar. Ikan ini memiliki bentuk kepala yang mirip dengan ular sehingga diluar negeri orang-orang menyebutnya sebagai snake fish.

Di Indonesia sendiri, ikan gabus dikenal sebagai ikan yang mampu mengobati berbagai penyakit. Bahkan sejak dulu, para orang tua sering menggunakan ikan ini untuk mengobati luka bakar, luka setelah melahirkan dan luka khitan.

Manfaat Ikan Gabus Untuk Meningkatkan Albumin Tubuh

Manfaat Ikan Gabus Untuk Meningkatkan Albumin Tubuh

ikan gabus sendiri memiliki kandungan protein albumin yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding ikan mas, ikan bandeng dan ikan nila.

Albumin ini merupakan salah satu jenis protein penting yang sangat diperlukan tubuh. Kandungan protein albumin bisa mencapai 60% dari total plasma protein yang terdapat di dalam darah manusia.

Di dalam ikan gabus sendiri kandungan albuminnya mencapai 62,24 g/kg. Dengan kandungan sebanyak itu, ikan gabus pun memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah manfaat ikan gabus untuk meningkatkan albumin tubuh.

Manfaat tersebut merupaan manfaat yang sangat penting untuk para penderita penyakit gagal ginjal, kanker sirosis, stroke, TBC dan diabetes mellitus. Kekurangan albumin akan membuat tubuh mereka mengalami pembengkakan. Disinilah pentingnya manfaat ikan gabus untuk meningkatkan albumin tubuh.

Jika kadar albumin meningkat hingga mencapai kadar normal, maka pembengkakan pun dapat dihindari. Selain itu, kadar albumin yang cukup dalam tubuh akan membuat luka menjadi lebih cepat sembuh.

Pada anak-anak, manfaat ikan gabus untuk meningkatkan albumin tubuh ini sangat diperlukan untuk menghindari kondisi pertumbuhan sel yang tidak maksimal. Kondisi tersebut umumnya terjadi akibat kadar albumin rendah sehingga membuat protein yagn dikonsumsi anak pecah.

Manfaat ikan gabus untuk meningkatkan albumin tubuh ini sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Salah satunya adalah penelitian yang lakukan oleh Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, MS, dari Universitas Brawijaya, Malang. Penelitian tersebut merupakan penelitian albumin ikan gabus yang sering dijadikan sebagai rujukan.

Penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, MS ini pun telah membuktikan bahwa kandungan albumin dalam ikan gabus mampu menggantikan fungsi serum albumin impor yang dibutuhkan untuk operasi pembedahan. Fungsi serum ini sangat penting karena tanpa albumin, maka sel-sel yang terdapat di dalam tubuh pasien pun akan sulit untuk melakukan regenerasi. Akibatnya, sel akan mati dan tidak berkembang.

Harga serum albumin impor sendiri saat ini bisa mencapai jutaan rupiah per 10 milimeternya. Sementara itu untuk satu kali operasi saja, pasien membutuhkan 30 milimeter serum albumin.

Mengingat harga serum albumin yang sangat mahal, maka penggunaan ekstrak albumin dalam ikan gabus merupakan langkah yang sangat baik untuk mengurangi biaya operasi pembedahan.