Manfaat Ikan Gabus Untuk Pencernaan Yang Kurang Lancar

Manfaat Ikan Gabus Untuk Pencernaan - Ikan-Gabus.com,- Ikan gabus merupakan salah satu ikan yang banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Di setiap daerah pun ikan ini dikenal dengan nama yang berbeda. Orang Sunda mengenal ikan ini dengan nama ikan bogo dan di Jawa, orang-orang mengenalnya sebagai ikan kutuk. Sementara itu orang betawi menyebut ikan tersebut ikan kocolan. Namun meski dikenal dengan nama yang berbeda, kebanyakan orang Indonesia mengenal ikan in sebagai ikan gabus.

Manfaat Ikan Gabus Untuk Pencernaan

Manfaat Ikan Gabus Untuk Pencernaan

Ikan gabus sendiri merupakan ikan predator yang hidup dan berkembang di air tawar. Bentuk dari ikan ini jika dilihat secara sekilas akan terlihat seperti ikan lele. Selain itu, ikan tersebut pun juga memiliki kemampuan yang sama dengan lele dalam hal bertahan hidup di darat dalam waktu yang cukup lama. Hanya saja, berbeda dengan ikan lele, ikan gabus tidak memiliki kumis. Selain itu, warna kulitnya juga tidak terlalu gelap.

Ikan ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah manfaat ikan gabus untuk pencernaan. Manfaatnya pun terbilang sangat beragam.

Beberapa manfaat ikan gabus untuk pencernaan yang akan Anda rasakan adalah :

Sehat Untuk Pencernaan

Manfaat ikan gabus untuk pencernaan pertama adalah sehat untuk pencernaan Anda. Ikan gabus merupakan ikan yang memiliki struktur daging yang sangat empuk. Ini karena ikan tersebut memiliki protein kolagen yang cukup rendah.

Membantu Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat ikan gabus untuk pencernaan ini berkaitan dengan kandungan albumin di dalamnya. Kandungan tersebut memiliki banyak maanfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat dari albumin adalah memelihara tekanan onkotik. Jika tekanan onkotik terjaga dengan baik, maka kondisi tersebut akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan ginjal.

Mengurangi Pembengkakan

Dengan mengonsumsi ikan gabus secara rutin, Anda akan mendapatkan segudang manfaat dari ikan tersebut. Salah satu dari manfaat tersebut adalah mengurangi pembengkakan, termasuk pembengkakan yang terjadi di saluran pencernaan.

Membantu Menyembuhkan Luka

Ikan gabus memiliki kandungan protein albumin yang sangat tinggi. Protein tersebut dapat berfungsi sebagai zat pembangun untuk mengganti sel-sel yang telah rusak. Fungsi tersebut pun juga berpengaruh terhadap kemampuan tubuh dalam menyembuhkan luka.

Saat kebutuhan asupan albumin tubuh sudah terpenuhi, maka tubuh akan meregenerasi sel secara lebih cepat. Hasilnya, proses penyembuhan luka pun bisa berjalan dengan lebih cepat.

Memperbaiki Gizi Buruk

Hanya dengan mengonsumsi 100 gr ikan gabus setiap hari, Anda sudah bisa mengatasi gizi buruk, baik pada bayi, anak-anak maupun ibu hamil.

Tentu saja, kemampuan ikan gabus dalam memperbaiki gizi buruk ini tidak terlepas dari kandungan yang terdapat di dalamnya. Beberapa kandungan penting yang terdapat di dalam ikan gabus ini adalah :

  • Kalori : 69 kalori
  • Protein : 25,2 gram
  • Lemak : 1,7 gram
  • Besi : 0,9 miligram
  • Kalsium : 62 miligram
  • Phospor : 76 miligram
  • Vitamin A : 150 miligram
  • Vitamin B : 0,04 miligram
  • Air : 69  gram

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat ikan gabus untuk pencernaan, mudah-mudahan apa yang kami sampaikan bermanfaat.